Tips Memilih Genset Yang Baik

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika kita akan membeli Genset. Berikut tips dari kami untuk memilih Genset yang baik:

  1. Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan, Misalnya :8 buah lampu 60 watt, AC 2 PK, TV, Radio, Kulkas. Untuk memudahkan penjumlahan, semuanya di konversi ke dalam satuan yang sama. Kita juga bisa menentukan jumlah daya yang akan digunakan dengan melihat kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah.
  2. Setelah kebutuhan listrik di ketahui maka saatnya untuk menentukan berapa besar daya dan harga genset yang di butuhkan. Misalnya kebutuhan listrik di rumah adalah 900 VA maka genset yang di butuhkan sekurang-kurangnya sama atau sedikit lebih besar dari 900 VA sebagai spare misalnya untuk mengantisipasi seandainya ada teman yang datang nonton bola sambil bawa TV sendiri.
  3. Jika gensetnya sudah tersedia, maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali. Sebagai tambahan sebenarnya ada alat otomatis untuk melakukan fungsi ini tapi harganya agak mahal.
  4. Setelah instalasi selesai genset sudah dapat digunakan.
  5. Carilah genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapatkan di sekitar rumah, sebab ada genset yang menggunakan solar, adapula yang menggunakan bensin. Jika ada yang menggunakan air itu lebih bagus lagi.
  6. Kalo bisa pilih genset yang “soundproff” biar suaranya tidak menganggu. Beberapa produsen genset sudah menyediakan tipe yang soundproff. Namun biasanya ukurannya cukup besar, dan kita memerlukan ruangan yang lebih besar juga untuk menyimpannya.
  7. Letakkan genset di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak di curi orang, dan lagi jauhkan dari jangkauan bahaya banjir tentunya.

Komentar ditutup.